PERKEMBANGAN ISLAM DI ZAMAN MODERN
Disusun Oleh :
1. Diyanti Anugera Putri
2. Pareza Nasari
3. Rani puspita Sari
4. Ririn puspita Sari
Dosen Pembimbing
Bpk. Abdul Rahman. S. Ag. M.Pd.i
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN ( CURUP )
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur yang dalam penulis ucapakan ke hadirat Tuhan yang maha Esa
karena berkat rahmat_Nya makalah ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan. Dalam makalh ini, penulis membahas mengenai
“Perkembangan islam pada massa modern”. Makalah ini di buat dalam rangka
memperdalam pemahaman mengenai perkembangan dan pengaruh islam pada masa modern
sekarang ini yang juga dikenal dengan era globalisasi.
Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis mendapatkan
bimbingan, arahan, koreksi, dan saran.
Hanya kepada Tuhan maha kuasa jualah penulis memohon doa sehingga bantuan
dari berbagai pihak bernilai ibadah. Penulis menyadari bahwa sebagai manusia
biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan sehingga yang demikianlah
sajalah yang dapat penulis berikan. Penulis juga sangat mengharapkan kritikan
dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki
kesalahan-kesalahan dalam penyusunan makalah senlanjutnya.
Demikianlah makalah ini,
semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin
Curup, 28 september 2013
i
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................................... i
DFTAR ISI......................................................................................................... ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakng Masalah............................................................................... 1
B. Rumusan Masalah..................................................................................... 2
C. Tujuan
Masalah......................................................................................... 3
D. Manfaat Menulis....................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN
A. Perkembangan Islam
Modern................................................................... 5
B. Perkembangan Ajaran Islam,
Ilmu pengetahuan, dan Kebudayaan.........
6
C. Perkembangan
Kebudayaan..................................................................... 7
D. Arsitektur.................................................................................................. 8
E. Sastra........................................................................................................ 9
F. Kaligrafi.....................................................................................................
10
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan...............................................................................................
11
B. Saran........................................................................................................ 12
DAFTAR PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Islam adalah ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muhamad Saw untuk
menyempurnahkan agama yang telah ada sebelumnya. Islam dikenal dengan rahmatal
lil alamin nya, dimana Allah tuhan pencipta alam semesta hanya mengakui islam
sebagai satu-satu nya agama yang mendapat dan karunia dari Allah SWT.
Islam pada zaman Nabi dahulu berkembang secara perlahan-lahan, tidak
semua bangsa arab langsung menerima kedatangan islam dengan suka cita. Hal ini
terjadi karena sebagian besar masyarakat arab adalah kaum kafir Qurasy dimana kesaharian mereka
beribada menyembah berhala. Islam masuk dengan cara damai dan tidak membutuhkan
banyak syarat seperti agama lainya tapi hal ini malah menjadikan bumerang bagi
bangsa arab yang bergerak hatinya untuk memeluk dan meyakini islam sebagai
agamnya.
Islam adalah agama yang suci dan murni karena bagi pemeluk agama islam
mereka memiliki sebuah kitab suci Al-Qur’an yang merupakan kitab penyempurnah
dari kitab sebelumnya. Di dalam Al-qur’an itu sendiri terdapat berbagai ilmu
pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh umat islam untuk dipelajari dan diambil
manfaatnya untuk kehidupan mereka sehari-hari.
Tak heran, ketika masa nabi Muhamad banyak para cendiakawan-cendiakawan
muslim yang menyumbangkan ide dan pikiran mereka untuk kehidupan masyarakat
islam. mereka berpedoman kepada Al-Qur’an yang merupakan mukjizat terbesar bagi
nabi Muhamad. Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa dinasti bani umayah
dimana dikenal kisah 1001 malam yang berpusat di kota bagdad, irak yang
menceritakan pemerintahan islam yang amat teroganisar dan berjaya dengan ilmu
pengetahuanya yang canggih.
Islam terus mengembangkan sayapnya di berbagai bidang yang merupakan
sendi dari setiap kehidupan manusia, contohnya saja saat sekarang ini
perkembangan peradapan islam dapat di rasakan dalam berbagai sisi kehidupan
manusia. Hal ini tidak bertahan lama, karena islam mulia mengalami kemerosotan di
berbagai bidang sehingga para penemu dari islam kalah pamor
iii
dibandingkan penemu eropa yang sebenarnya mereka mempelajari ilmu yang mereka
dapat itu dari Al-Qur’an .
Maka dari tahun 1800 M samapai sekarang dikenalah dengan masa pembaharuan
islam. masa pembaharuan ini ditandai dengan adanya kesadaran umat islam
terdapat kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk memperoleh kemajuan dari berbagai
bidang, contohnya saja dalam bidang pendidikan, dan teknologi . pada
pembaharuan inilah munculah kembalih tokoh-tokoh pemikir dalam kalangan islam
dari berbagai negara islam.
Pada awal masa pembaharuan ini kondisi dunia islam sebenarnya berada pada
zona kilonialisme dimana pengaruh barat amat mendominasi kehidupan di duia ini.
Pada pertengahan abad ke-20 M lah islam mulai berdiri bangkit dari pengaruh
kolonialisme barat.
Pada pembahasan ini akan tampak apa saja perkembangan islam pada masa
modern yang dapat diteladani dan dijadikan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari di tengah kuatnya arus budaya globalisasi yang mengakibatkan
manusia bisa lupa akan kodratnya sebagai makhluk ciptaan tuhan yang harus
menyeimbangkan antara kehidupan didunia dan diakhiratnya.
B.RUMUSAN MASALAH
Islam pada dasarnya cepat diterima bagi masyarakat baik dari segi tata
cara beribadah, pengetauhan ataupun teknologi,. Namun, menghadapi kemajuan
zaman pada abad sekarang ini islam mulai mengalami kemunduran dar berbagai bidang.
Hanya sedikit tokoh islam yang bisa bersaing dengan pemikir dari barat. Oleh
karena itulah pada pertengahan abad ke-20 M dikenal dengan pembaharuan islam.
1.Apa saja contoh dari pembaharuan peradaban
islam?
2.Siapa saja tokoh dari pembaharuan
tersebut?
3.Apa saja bukti-bukti nyata dari
proses pembaharuan islam tersebut?
1
C.TUJUAN
1. Mengetahui contoh-contoh dari
periode pembaharuan islam pada pertengahan abad ke-20 M.
2. Mengetahui tokoh-tokoh yang
memilki peranan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan
islam.
3. Mengetahui bukti nyata dari
pembaharuan islam yang bisa di buktikan keaslihanya.
4. Mengambil manfaat dari adanya
pembaharuan islam pada berbagai bidang dalam kehidupan agar menjadikan kita
sebagai manusia yang menghargai dan menghormati akan karya dari orang lain.
E.MANFAAT PENULISAN
1. Memberi infomasi kepada umat khususnya tentang masa
periode pembaharuan islam.
2. Dapat membandingkan masa keemasan
islam pada zaman dahulu dengan era globalisasi saat sekarang ini.
3. Dapat mengambil pelajaran dalam
hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan ajaran islam.
4. Menjadikan islam sebagai kebanggan
karena banyak menyimpan unsur seni dan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh
manusia dalam kehidupan.
2
BAAB II
PEMBAHASAN
A.Sekilas Tentang Dunia Islam
Pada Masa Modern
Benturan-benturan antara islam dengan kekuatan eropa
menyadarkan umat islam bahwa jauh tertinggal dengan eropa dan yang merasakan
pertama persoalan ini adalah kerajaan turki usmni yang langsung menghadapi
kekuatan eropa yang pertma kali. Kesadaran tersebut membuat penguasa dan
perjuangan-perjuangan belajar dari eropa.
Guna pemulihan kembali kekuatan islam, maka mengadakan
suatu gerakan pembaharuan dengan mengevaluasi yang menjadi penyebab mundurnya
islam dan mencari ide-ide pembaharuan dan ilmu pengetahuan dari barat. Gerakan
pembaharuan tersebut antara lain:
a. Geraka wahabiyah yang
diprakarsai oleh muhammad ibn abdul wahab( 1703-1787 M) di arabia, syah
waliyullah (1703-1762) M di india dan gerakan sanusiyah di afrika utara yang
dikomandoi oleh said muhammad sanusi dari Al jazair.
b. Gerakan penerjemahan
karya-karya barat kedalam bahasa islam dan pengiriman para pelajar muslim untuk
belajar ke eropa.
Dalam gerakan pembaharuan sangat lekat dengan politik. Ide politik yang
pertama muncul yaitu pan islamisme atau persatuan islam sedunia yang digencarka
oleh gerakan wahabiyah dan sanusiyah, setelah itu diteruskan dengan lebih
gencar oleh tokoh pemikir islam yang bernama jamaludin Al afgani ( 1839-1879).
Menurut jamaludin, untuk pertahanan islam, harus meninggalkan
perselisihan dan berjuang di bawah panji bersama dan juga berusaha
membangkitkan semangat lokal dan nasional negeri-negeri islam. dengan ide yang
demikian , ia dikenal atau mendapat julukan bapak nasionalisme dalam islam.
Gagasan atau ide pan islamisme yang digelorakan oleh jamaludin disambut
oleh raja turki usmani yang bernama Abd.Hamid II ( 1876-1909) dan juga mendapat
sambutan yang baik di negeri-negeri islam.
1
akan tetapi setelah turki usmani
kalah dalam perang dunia pertama dan kekhalifahan dihapuskan oleh musthofa
kemal seorang tokoh yang gagasan nasionalisme, rasa kesetian kepada negara
kebangsaan.
Di wilayah mesir,syiriah, libanon, hijaz, afrika utara, bahrein dan
kuwait, nasionalismenya bangkit dan nasionalisme tersebut terbentuk a tas dasar
kesamaan bahasa. Dalam penyatuan penyatuan negara arab dibentuk suatu liga yang
bernama liga arab yang didirikan pada tanggal 12 maret 1945.
Di india terbentuk gerakan nasionalisme yang diwakili oleh partai kongres
nasional india dan juga dibentuk komunalisme yang digagas oleh komunalisme
islam yang disuarakan oleh liga muslimin yang merupakan saingan bagi partai
kongres nasional. Di india terdapat
pembaharuan yang bernama sayyid ahmad khan ( 1718-1898) iqbal ( 1876-1938 ) dan
muhammad ali jinnah 9 1876-1948 ).
Di indonesia, terdapat pembaharuan atau partai politik besar yang
menentang penjajahan diantaranya.
a.sarekat islam(S I) di pimpin oleh HOS Tjokroaminoto berdiri pada tahun
1912 dan merupakan kelanjutan dari sarekat dagang islam yang didirikan oleh H.
Samanhudi tahun 1931.
b.partai nasional indonesia ( PNI) didirikan oleh sukarno 1927
c.pendidikan muslimin indonesia ( PNI-baru) didirikan oleh muhammad hatta
pada tahun 1931
d.persatuan muslimin indonesia (PERMI0 menjadi partai polotik tahun 1932
yang dipelopori oleh mukhtar lufhi.
Munculnya gagasan nasionalisme yang di diiringi oleh berdirinya
partai-partai politik tersebut merupakan asset utama umat islam dalam perjuangna
untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik barat. Sebagai
gambaran dengan nasionalisme dan perjuangan politik yang penduduknya mayoritas
muslim adalah indonesia, indonesia ,erupakan negara yang mayoritas muslim yang
pertama kali berhasil memproklamirkan kemerdekaan yaitu tanggal 17 agustus
1945. Negara kedua yang terbebas dari penjajahan yaitu pakistan. Merdeka
tanggal 15 agustus 1947 dengan presiden pertamanya ali jinnah.
2
Di wilayah timur tengah, mesir resmi merdeka pada tahun 1992 dan
benar-benar merdeka pada tanggal 23 juli 1952 dengan pemimpin pemerintahan yang
bernama jamal abd naser, irak merdeka tahun 1932, tetapi rakyatnya merasa
merdeka baru tahun 1958 dan negeri lain seperti jordania, syiria dan libanon
merdeka pada tahun 1946.
Di afrika, lybia merdeka pada tahun 1962 ,sudan, maroko, merdeka tahun
1956 M, aljazair tahun 1962. Negara lain yang merdekanya hampir bersamaan
seperti negara yaman utara, yaman selatan, dan emirat arab.
Di asia tenggara, malesya. Singapura merdeka tahun 1957 dan brunai
darusalam merdek pada tahun 1984, selain itu, negara islam yang dahulunya
bersatu dalam uni soviet seperti turkmenia, uzbekistan, kirghistan, khazakhtan
tajikistan dan azerbaijan dan bosnia baru merdeka pada tahun 1992.
B. Perkembangan Islam Pada Masa
Modern
Menjelang pada awal-awal masa pembaharuan yaitu sebelum dan sesudah tahun
1800 M, umat islam di berbagai negara telah banyak menyimpang dari ajaran islam
yang bersumber kepada al-alqur’an dan hadits. Penyimpangan itu terdapat dalam
hal:
a.Ajaran islam tentang ketauhitan
telah becampur dengan ke musyirikan. Hal ini di tandai dengan banyaknya umat
isalam menyembah selain kepada allah swt
juga memuja kepada makanan atau tempat yang dianggap keramat dan bahkan
memintah tolong dalam urusan gaib kpada dukun yang dianggap sakti.
b.adanya kelompok umat islam yang
hidup di dunia ini hanya mementingkan urusan dunia saja tanpa mengindahkan
kepntingan akhirat. Mereka beranggapan bahwa apa yang mereka dapatka di dunia
ini dapat mengekalkan kehidupan mereka. Selain dari pada itu, banyak umat islam
yang menganut paham fatalisme yaitu paham yang mengharuskan berserah diri
kepada nasip dan tidak perluh beriktiar karena hidup manusia dikuasai dan
ditentuka oleh nasib.
Karena adanya penyimpangan-penyimpangan pada ajaran islam
mendorong lahirnya tokoh pembaharu yang berusaha menyadarkan umat islam
3
agar kembali kepada ajaran
yang bersumber kepada ajaran al-qur’an dan hadits. Tokoh pembaharu itu adalah:
1. Muhammad bin abdul wahab
yaitu ulama besar yang produktif yang lahir di nejed arab saudi salah satu
kitabnya yaitu kitab tauhid, sebuah kitab yang berisi tentang mengesahkan allah
swt dengan membasmi praktek-praktek tahayul, bid’ah khurafat yang ada pada umat
islam dan mengajak untuk kembali ke ajaran tauhid yanag sebenarnya. Gerakan
pembaharuan abdul wahab tersebut di jenal dengan gerakan wahabiyah.
2. Rif’ah badawi rafi’ at
tahtawi yang lahir di tahta merupakan pembaharu islam yang pemikiranya yaitu
mnyeruhkan kepada umat islam agar menyimbangkan antar dunia dan akhirat.
3. Jamaludin alafgani yang lahir
di asadabad dengan pemikiran pembaharunya adalah supaya umat islam kembali pada
ajaran islam yanga murni.kepemimpinan otokrasi supaya di ubah mewujudkan
kemajuan masyarakat islam yang dinamis agar kaum bekerja sama dengan kaum pria
dan grakan pan islamisme yaitu penyatuan seluruh umat islam.
4. Muhammad abdu yaitu pembaharu
islam islam di mesir penerus dari gerakan wahabi dan pan islamisme. Beliau
bersama muridnya yang bernama mahammad rasyid rida menerbitkan jurnal “ al urwatu wustqa” selain itu muhammad
abdu juga menyusun kitab yang berjudul “ ar risalah at tauhid”.
5. Sayid qutub yaitu ulama dan
tokoh gerakan pembaharuan yang menylaraskan antara urusan akhirat dengan urusan
duniawi yusuf qardhawi menekankan perbedaan anatara modernisasi dengan
pembaratan.
6. Sir sayid akhamad khan lahir
di delhi india adalah pembaharu yang produktif dengan berbagai karya diantaranay
tarikhi sarkhasi bignaur berisi catatan kronoli pemberontakan di bigur, asbab
baghawat hind, the causs of the indian revolt ( sebab-sebab revolusi india ,
risalat khair khawalan musulmun risalah tentang orang-orang yang setia, dan
akhkam ta’aam ahl al kitab hukum memakan makanan ahli kitab. Selain itu beliau
juga mendirikan skolah inggris di mudarabad, sekolah muslim university the
scientific lembaga penerjemah IPTEK
ke bahasa urdu serta menerbitkan majalh bulanan tahzib al akhlaq dan lain-lain.
4
7. Muhammad iqbal yaitu seorang
muslim india dengan karyanya th reconstruction of regelius though in islam (
ppembangunan kembali pemikiran keagamaan dalam islam)
C. Perkmbangan Ajaran Islam,
Ilmu Pengetahuan , Kebudayaan.
1.pada Bidang Akidah
Salah satu pelopor pembaharuan
dalam dunia arab adalah suatu aliran yang bernama wahabiyah yang sangat
berpengruh di abad ke-19. Pelopornya adalah muhammd abdul wahab ( 1703-17870
yang berasal dari nejed, saudi arabia. Pemikiran yang di kemukakan oleh muhammad
abdul wahab adalah uapayah memperbaiki kedudukan umat islam dan merupakan
reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan uamat islam saat itu.
Paham tauhid mereka telah bercampur aduk oleh ajaran-ajaran tarikat yang sejak
abad ke-13 tersebar luas di dunia islam.
Di setiap negara yang di
kunjungi, muhammad abdul wahab melihat makam-makam syek tarikat yang
bertebaran. Setiap kota bahkan desa-desa mempunyi makam syekh atau walinya
masing-masing. Ke makam-makam itu lah umat islam prgi dan memintah pertolongan
dari syekh atau wali yang di makamkan di sana untuk menyelesaikan maslah
kehidupan mereka sehari-hari. Ada yang memintah diberi anak, jodoh di sembuhkan
dari penyakit, dan ada pula yang di beri kekayaan. Syekh atau wali yang telah
meninggal, dunia itu dipandang sebagai orang yang berkuasa untuk menyelesaikan
segala macam persoalan yang dihadapi manusia di dunia ini. Perbuatan ini
menurut pajm wahabiah termasuk syirik karena permohonan dan doa tidak lagi
dipanjatkan kepada allh swt.
Masalah tauhid memang
merupakan ajaran yang paling dasar dalam islam. Oleh karena itu, tidak
mengherankan apabila muhammad abdul wahab memusatkan perhatian pada persoalan
ini. Ia memiliki pokok-pokok pemikiran sebagai berikut:
1.yang di sembah adalah allah swt dan orang yang menyembah selain dari
Nyaa telah dinyatakan sebagai musrik.
2.kebanyak orang islam buakn lagi penganut paham tauhid yang sebenarnya
karena mereka memintah pertolongan bukan kepada allah,
5
melainkan kepada syekh, wali atau
kekuatan gaib. Ornag islam yang berprilaku demikian juga dinyatakan sebagia
musrik.
3.menyebut bama nabi, syekh tau malaikat sebagai pengantar dalam doa juga
dikatakan sebagi syirik.
4.tidak percaya kepada qada dan qadar allah merupakan kekufuran.
5.menafsiarkan al-qur’an dengan takwil atau interprestasi bebas juga
termasuk kekufuran.
Untuk mengembalikan kemurnian
tauhid tersebut, makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan mencari
syafaat, keberuntungan dan lain-lain sehingga membawa kepada paham syirik,
mereka usahakan untuk dihapuskan. Pemikiran-pemikiran pembaharuan di abad ke-19
adalah sebagai berikut:
a.hanya al-qur’an dan hadits yang merupakan asli ajaran isam pendapat
ulama bukanlah sumber.
b.taklid kepada ulama tidak dibenarkan.
c.pintu ijtihad senantiasa terbuka dan tidak tertutup.
Muhammad abdul wahab merupakan
pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikiranya. Ia mendapat dukungan ibn
su’ud dan putranya abdul aziz di nejed. Paham-paham muhammad abdul wahab
tersebar luas dan pengikutnya bertambah banyak sehinggah di tahun 1773 M mreka
dapat menjadi mayoritas di ryadh. Di tahun 1787, belia meninggal dunia tetapi
ajaran-ajaranya tetap hidup dan mengambil bentu aliran yang dikenal nama
wahabiyah.
2.pada bidang ilmu
pengetahuan
Islam merupakan agama yang
sangat mendukung kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, islam menghendaki
manusia menjalankan yang didasarkan rasional atau akal dan iman. Ayat-ayat
al-qur’an banyak memberi tempat yang lebih tinggi kepada orang yang memiliki
ilmu pengetahuan,
6
islam pun menganjurkan agar
manusia jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah dimilikinya karena
berapapun ilmu dan pengetahuan yang dimilki itu, masih belum cukup untuk dapat
menjawab pertanyaan atau masalah yang ada di dunia. Firman allah swt:
öqs9ur $yJ¯Rr& Îû ÇÚöF{$# `ÏB >otyfx© ÒO»n=ø%r& ãóst7ø9$#ur ¼çnßJt .`ÏB ¾ÍnÏ÷èt/ èpyèö7y 9çtø2r& $¨B ôNyÏÿtR àM»yJÎ=x. «!$# 3 ¨bÎ) ©!$# îÌtã ÒOÅ3ym ÇËÐÈ
Artinya:” dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut
menjadi tintah,di tambahkan kepada tujuh luaut(lagi) sesudah 9kring0nya,
niscaya tidak akan habis-habisnya(dituliskan) kalimat allah. Sesungguhnya allah
maha perkasa lagi maha bijaksana.( QS luqman:27
Ajaran islam tersebut mendapat
respon yang positif dari para islam sejak zaman klasike ( 650-1250 M0, zaman
pertengahan ( 1250-1800) hinggah periode islam. Jatuhnya mesir ke tangan barat
menyadarkan umat islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih
tinggi dan merupakan ancaman bagi islam. Raja-raja dan pemuka-pemuka islam
mulai memikirkan cara untul meningkatkan mutu dan kekuatan umat islam.
Sebenarnya pembaharu dan
perkembangan ilmu pengetahuan telah di mulai sejak periode pertengahan,
terutama pada masa kerajaan usmani. Pada abad ke-17, mulai terjadi kemunduran
khususnya ditandai oleh kekalahan-kekalahan yang di alami melalui peperangan
melawan negara-negara eropa. Peristiwa tersebut diawali dengan terpukul
mundurnya tentara usmani ketika dikirim untuk menguasai wina pada tahun 1683.
Kerajaan usmani menyerahkan hungarai kepada australia, daerah podolia kepada
polandia, dan azow kepada rusia dengan perjanjian carlowiz yang ditanda tangani
tahun 1699.
7
Kekalahan yang menyakiti ini mendorong raja-raja dan pemuda-pemuda
kerajaan usmani mengadakan berbagai penelitian untuk menyelidiki sebab-sebab
kekalahn mereka dan rahasia keunggulanlawan. Mereka mulai memperhatikan
kemajuan eropa , terutama prancis sebagai negara yang terkemuka usmani.
Orang-orang eropa yang selama ini dipandang sebagai kafir dan rendah mulai
dihargai.
Bahkan, duta-dutapun
dikiriim ke eropa untuk mempelajari kemajuan berbagai disiplin ilmu serta
suasana dari dekat. Pada tahun 1720, celebi memed di angkat sebagai duta di
prancis dengan tugas khusus mengunjungi pabrik-pabrik, benteng-benteng
pertahanan, dan institusi-institusi lainya mengunjungi pabrik-pabrik, benteng-benteng
pertahanan,dan institusi-institusi lainya serta memberi laporan tentang
kemajuan thnik, organisasi angkatan perang modern, rumah sakit, observatorium,
peraturan, karantina, kebun binatang, adat istiadat dan lain sebagainya seperti ia lihat di
prancis. Di tahun 1741 M anaknya, said memed dikirim pula ke prancis.
Laporan-laporan ke dua duta
ini menarik perhatian sultan ahmad III(1703-1730) untuk memulai pembaharuan di
kerajaan usmani. Pada tahun 1717 M. Seorang perwira prancis bernama de rochefart datang ke istabul dengan
usul membntuk suatu korps artlti tentara usmani berdasarkan ilmu-ilmu
kemiliteran modern. Di tahun 1729, datang lagi seorang perancis yakni comte de
boneval yang kemudian masuk islam dengan nama baru humbaraci pasya.ia bertuga
melatih tentara usmani untuk memakai alat-alat ( meriam ) modern. Untuk
menjalankan tugas ini, ia dibantu oleh macarthy dari irlandia, ramsay dari
skotlandia dan mornai dari prancis. Atau usaha ahli-ahli eropa inila , tahtik dan tehnik
militer, modern pun dimasukan ke dalam angakatan perang usmani. Maka pada tahun
1734 M, dibuka sekolah tehnik militer untuk pertama kalinya.
Dalam
dalam non militer, pemikiran usaha pembaharu di cetuskan oleh ibrahim
mutafarika ( 1670-1754 ). Ia memperkenalkan ilmu-ilmu pengetahuan modern dan
kemajuan barat kepada masyarakat turki yang disertai pula oleh usaha penerjemahan
buku-buku barat ke dalam bahasa turki. Suatu badan penerjemahan yang terdiri
atas 25 orang anggota dibentuk pada tahun 1717 M.
8
Sarjana
atau filsuf islam yang termasuk, baik di dunia islam atau barat ialah ibnu sina
( 1031 M ) dan ibnu rusyd ( 1670-penyair lirik hafiz( 1389) M yang dijuluki
lisan al gaib atau suara dari dunia gaib, sangat dikenal luas itu. Kaum muslim
memiliki banyak sekali tokoh-tokoh pembaharu yang pokok-poko pemikirannya
maupun jasa-jasanya di berbagai bidang telah memberikan sumbangsih bagi umat
islam di dunia. Beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan atau
islam di dunia.
Beberapa tokoh yang terkenal dalam ilmu
pengetahuan atau pemikiran islam tersebut antara lain sebagai berikut.
1.
Jamaludin al gafni ( iran 1838-turki 1897 )
Salah satu
sumbangan terpenting di dunia islam diberikan oleh sayid jamaludin al afgani.
Gagasannya mengilhami kaum muslim di
turki, iran, mesir dan india meskipun sangat anti imperialisme eropa, ia
mengagungkan pencapaian ilmu pengetahuan barat. Ia tidak melihat adanya
konstradiksi antara islam dan ilmu pengetahuan. Namun, gagasanya untuk
mendirikan sebuah universitas yang khusus mengajarkan ilmu pengetahuan modern
di turki menghadapi tantangan kuat dari para ulama, pada akhirnya ia diusir
dari negara tersebut.
2.
Muhammad Abdu
Guru dan murid
tersebut sempat mengujungi beberapa negara eropa dan amat terkesan dengan
pengalaman mereka disana. Rasyd rida mendapat pendidikan islam tradisional dan
menguasai bahasa asing ( perancis dan turki ) yang menjadi jalan masuknya untuk
mempelajari ilmu pengetahuan secara umum. Oleh karena itu, tidak sulit bagi
rida untuk bergabung dengan gerakan
pembaharu al afgani dan muhammad abduh di antaranya melalui penerbitan jurnal al urwah al wustha yang diterbitkan di
paris dan disebarkan di mesir. Muhammad abduh sebagaimana muhammad abdul wahab
dan jamaludin al afgani, berpendapat bahwa masuknya bermacam bid’ah ke dalam
ajaran islam membuat umat islam lupa akan ajaran-ajaran islam yang sebenarnya.
Bid’ah itulah yang menjauhkan masyarakat islam dari jalan yang sebenarnya.
9
3.
Toha husen ( mesir selatan 1889-1973)
Toha husein
adalah seorang sejarawan dan filsuf yang amat mendukung gagasan muhammad ali
pasya. Ia merupakan pendukung mordenisasi yang gigih. Pengapsian terhadap ilmu
pengetahuan modern tidak hanya penting dari sudut nilai praktis ( kegunaan )nya
saja, tetapi juga perjwujud suatu kebudayaan yang amat tinggi pandanganya
dianggap sekularis karena mengunggulkan ilmu pengetahuan.
4.
Sayid qutub ( mesir 1906-1966) dan yusuf al qardawi
Al qadarwi
menekankan perbedaan mordenisasi dan pembaratan. Jika mordenisai yang dimaksud
bukan berarti upaya pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu
pengetahuan morden serta penerapan teknologinya, islam tidak menolaknya bahkan
mendukungnya. Pandangan al qardawi ini cukup mewakili pandangan mayoritas kaum
muslim. Secara umum, dunia islam relatif terbuka untuk menerima ilmu
pengetahuan dan teknologi sejauh memperhitungkan manfaat praktisnya. Pandangan
ini kelak terbukti dan tetap bertahan hingga kini di kalangan muslim.Akan
tetapi, dikalangan pemikir yang mempelajari sejarah dan fisika ilmu pengetahuan, gagasan seperti ini
tidak cukup memuaskan mereka.
5.
Sir ahmad khan ( india 1817-18987 )
Sir sayid khan
adalah pemikir yang meneruhkan saintifikasi masyarakat muslim. Seperti halnya
al afgani, ia menyeruhkan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan modern.
Akan tetapi, berbeda dengan al afgani ia melihat adanya kekuatan yang
membebaskan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Kekuatan pembebas itu
antara lain meliputi penjelasan mengenai aatu peristiwa dengan sebab-sebabnya
yang bersifat fisik materiil. Di
barat, nilai-niali ini telah membebaskan yang sama, ahmad khan merasa wajib
membebaskan kaum muslim dengan melenyapkan unsur yang tidak ilmiah dari pemahaman
terhadap al qur’an. Ia amat serius denagn upayahnya ini antara lain dengan
menciptakan sendiri metode baru penafsiran al qur’an. Hasilnya adalh teelogi
yang memiliki karakter atau sifat ilmiah dalam tafsir al qur’an.
10
6.
Sir muhammad iqbal (punjab 1873-1938)
Generasi awal
abad ke-20 adalah sir muhammad iqbal yang merupakan salah seorang muslim
pertama di anak benua india yang sempat m,endalami pemikiran barat modern dan
mempunyai latar belakang pendidikan yang
becorak tradiosional islam. Kedua hal ini mucul dari karya utamanya di tahun
1930 yang berjudul the reconstruction of regelius thought in islam (pembangunan
kembali pemikiran keagamaan dalam islam). Melalui penggunaan istilah recontruction.
ia mengungkapkan kembali pemikiran keagamaan
islam dalam bahasa kodern untuk dikomsumsi generasi baru muslim yang telah
berkenalan dengan perkembangan mutahir ilmu pengetahuan dan filsafat barat abad
ke-20.
D.perkembangan
Kebudayaan Pada masa pembaharuan
Bangsa turki tercatat dalam sejarah
islam dengan keberhasilannya mendirikan dua dinasti turki salju dan dinasti
turki usmani. Di dunia islam, ilmu pengetahuan medern mulai tantangan nyata
sejak akhir abad ke-18, terutama sejak napeleon bonarparte menduduki mesir pada
tahun 1798 dan semakin meningkat setelah sebagian besar dunia islam menjadi
wilayah jajahan atau dibawah pengaruh eropa. Akhirnya serangan kekalahan
berjalan hingga memuncak dengan jatuhnya dinasti usmani di turki. Proses ini
terutama disebabkan ali memainkan peranan penting dalam kampanye militer
melawan perancis. Ia diangkat oleh pengusaha usmani menjadi pasya pada tahun
1805 dan memerintah mesir hingga tahun 1894.
Buku-bulu
ilmu pengetahuan dalam bahasa arab diterbitkan. Akan tetapi,saat itu terdapat
kontroversial percetakan pertama yang didirikan di mesir ditentang oleh para
ulama karena salah satu alatnya menggunakan kulit babi. Muhammad ali pasya
mendirikan beberapa sekolah tehnik dengan guru-gurunya dari luar negaranya. Ia
mengirim lebih dari 4000 pelajar ke eropa untuk mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan dan teknologi.
11
Kebudayaan turki merupakan perpaduan antara kebudayaan
persia, bizantium dan arab. Dari kebudayaan persia, mereka banyak menerima
ajaran-ajaran tentang etika dan tatakrama dan teknologi.
Prinsip kemiliteran mereka dapatkan
dari bizantium, sedangkan dari arab, mereka mendapatkan ajaran tentang prinsip
ekonomi, kemasyarakatn, dan ilmu pengetahuan.orang-orang turki usmani dikenal
sebagai bangsa yang senang dan mudah berasimilasi dengan bengsa lain dan
bersikap terbuka terhadap kebudayaan luar. Para ilmuan ketika itu tidak
menonjol, namun demikian mereka banyak berkiprah dalam pengembangan seni
arsitektur islam berupa bangunan-bangunan masjid yang indah seperti masjid sultan
muhammad al fatih, masjid sulaiman, dan masjid abu ayub al ansari. Masjid-masjid
tersebut dihiasi pula dengan keindahan kaligrafhi yang indah.Salah satu masjid
yang terkenal dengan keindahan kaligrafhinya adalah masjid yang awalnya berasal
dari gereja aya sophia.
Islam
dan kebudayaanya tidak hanya merupakan warisan dari masa silam yang gemilang,
namun juga salah satu kekuatan penting yang cukup diperhitungkan dunia dewas
ini. Al qur’an terus menerus dibaca dan dikaji oleh kaum muslim. Budaya islam
pun tetap merupakan faktor pendorng dalam membentuk kehidupan manusia di
permukaan bumi. Toleransi beragama merupakan salah satu kebudayaan islam dan
tidak ada satupun ajaran islam yang bersifat rasialisme. Dalam hal ini, agama
yang ditegakan oleh nabi muhammad mengandung amanat yang mendorong kemajuan
bagi seluruh umat manusia, khusunya umat islam di dunia.
E.Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi
melayani kegamaan, seperti masjid, makam, madrasah dan ada pula yang berfunsi
melayani kepentingan sekuler istana, benteng, pasar, dan lain sebagainya.
Setelah
di temukan ladang minyak pada tahun 1933, saudi arabia tidak lagi sebagai
neraga miskin tetapi termasuk salah satu negara kaya. Dengan kekayaan yang
melimah, saudi arabia banyak membangun jalan raya antar kota , jalan kereta api
antara kota riyad dengan kota pelabuahan ad-dammam di partai teluk persia.
12
Dibidang
perhotelan telah dibangun hotel-hotel mewah bertaraf internasioanal, antara
lain terdapat di sekitar masjidil haram mekah dan masjid nabawi madinah.
Masjidil
haram artinya masjid yang dihormati atau dimuliakan. Masjid ini berbentuk empat
persegi terletak di tengah-tengah kota mekah, serta merupakan masjid tertua di
dunia. Di tengah bangunan masjid itu terdapat ka’bah yang disebut juga dengan baitullah
(rumah allah) dan baitul aqiq (rumah kemerdekaan) yang telah di tetapak sebagai
kiblat umat islam seluruh dunia dalam mengerjakan shalat. Selain itu juga
terdapat hajar aswad (batu hitam yang terletak di dinding ka’bah) makam
ibrahim, hijr ismail, san sumur zamzam yang letaknya tidak jauh dari ka’ah.
Masjid
nabawi adalah sebuah majid yang megah dan indah dan juga sangat luas. Pada masa
nabi muhammad luas masjid ini 2.500 m, dan kini luasnya menjadi 165.000 m(luas
seluruh kota madinah pada masa rasullah). Hal ini mengakibatkan makm nabi
muhammad saw, abu bakar, umar bin khatab yang dulu berada di luar masjid
sekarang berada di dalam masjid.
Arsitektur
yang berfungsi melayani kepentingan agama dan kepentingan sekuler, selain
terdapat di saudi arabia juga terdapat di negara lain terutama yang mayoritas
warganya muslim. Di iran ketika dinasti qatar berkuasa tahun 1794-1925 setelah
dibangun kota teheran sebagai ibukota negara iran. Beberrapa peninggalan
arisektetur pada masa dinasti qatar adalah:
a.istana niavarand, tempat kediaman syah muhammad reza
pahlephi dan keluarganya.
b.pekuburan behesyti zahra (bahasa persia artinya
taman zahra, putri rasullah saw).
F. Sastra
Pada masa pembaharuan muncul
sastrawan yang karyanya bersifat islami di berbagai negara, misalnya:
13
1.
Muhammad iqbal (1877-1938)
Beliau telah mengungkapkan
fulsafatnya dalam puisi dengan menggunakan bahasa urdu dan persi. Dari karya
puisinya yang penting adalah asrari khudi di samping karya filsafatnya yang
berjudul “ the recontruction of regelius though in islam” yangtelah
diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa indonesia.
2.
Mustafa lutfi al-manfaluti (1876-1926)
Seorang sastrawan dan ulama al-azhar
dan termasuk pengarang cerita pendek bergaya semi klasik dan semi moderm.
3.
Dr. Muhammad husain haekal(1888-1956)
Pengarang mesir terkenal yang telah
menulis “hayatu muhammad” (sejara hidup nabi muhammad saw) yang telah
ditertibkan danterjemahkan dalam bahasa indonesia.
4.
Jamil sidqi az-zawi (1863-1936)
Di irak terkenal sebagai perintis
ajak modern dan seorang tua yang bernada keras dan dikenal sebagai pembela
hak-hak wanita bersama-sama dengan ma’ruf ar-rasafi (1877-1945)
5.
Abdus salam al-ujaili 9 lahir tahun 1918)
Adalah seorang sastrawan di suriah
yang juga seorang dokter medis, aktif dalam penulisan novel dan cerita pendek.
6.
Peranan perempuan dalam perkembangan sastra modern
diantaranya aisyah abdurrahman.
G.KALIGRAFI
Kata
kaligrafi berasal dari bahasa yunani
kaligraphos atau kaligrafia. Kallos
berarti indah dan grapho berarti tulisan. Jadi kaligrafi adalah tulisan(aksara)
indah yang mempunyai nilai estetis. Dalam bahasa arab disebut dengan khatt yang dalam pengertian sehari-hari
bearti indah yangmemiliki nilai estetis.
14
Kaligrafi merupakan satu-satunya seni
islam, yang murni yang dihasilkan oleh orang islam. Kaligrafi terdiri dari enam
macam gaya atau dikenal dengan (the six
hand/style). Seni kaligrafi biasanya dipakai untuk hiasan masjid,penyekat
ruangan, hiasan dinding rumah, dan sebagainya. Media yang dipakai pun bermaca
diantaranya kertas, kain, kulit, perak, kayu, dan keramik.
Perhatian
umat islam terhadap kaligrafi cukup bagus dengan ditandai oleh hal berikut,
diantaranya:
a.
Diadakanya pameran lukisan kaligrafi bertahap internasional,
yakni pada MTQ nasional XI di semarang ( 1979 ), pada muktamar pertama masa
islam sedunia di jakarta ( 1980 ), MTQ nasional XII d banda aceh.
b.
Diselenggarakan musabaka khatt indah Al-qur’an ( MKQ) dalam
setiap MTQ.
D.Islam Pada Periode Modern
Periode ini merupakan zaman
kebangkitan islam. Ekspedisi napelion di mesir yang berakhir pada tahun 1801,
membuka mata dunia islam, terutama turki dan mesir, akan kemundur dan kelemahan
umat islam disamping kemajuan dan kekuatan barat.
Raja dan pemuka-pemuka islam mulai berpikir
dan mencari jalan untuk mengembalikan
blance of power, yang telah pincang dan membahayakan islam.
Kotak islam dengan barat sekarang berlainan
sekali dengan kotak islam dengan barat periode klasik. Pada waktu itu, islam
sedang menaik dan barat sedang dalam kegelapan. Sekarang sebaliknya, islam sedang
dalam kegelapan dan barat sedang menaik. Kini, islam yang ingin belajar dari
barat. Dengan demikian, timbulah apa yang disebut pemikiran dan aliran
pembaharuan atau mordenisasi dalam islam. Pemuka-pemuka islam mengeluarkan
pemikmiran-pemikiran bagaimana caranya membuat umat islam maju kembali
sebagaimana yang terjadi periode klasik. Usaha-usaha kearah itu mulai
dijalankan dalam kalangan umat islam. Akan tetapi, dalam hal itu barat juga
bertambah maju.
Ide-ide baru yang diperkenalkan
napoleon di mesir adalah:
a.
Sistem negara republik yang kepala negaranya dipilih untuk
jangka waktu tertentu.
b.
Persamaan(egalite).
15
c.
Kebangsaan (nation). Raja dan para pemuka islam mulai
berpikir dan mencari jalan keluar untuk mengembalikan balance of power yang telah membahayakan umat islam.
E.Proses Masuknya Islam ke Indonesia
Masuknya
agama islam ke indonesia hingga kini tidak diketahui waktunya dengan pasti.
Akan tetapi, beberapa ahli mengajukan pendapat mereka mengenai hal ini. Ada dua
pendapat mengenai masuknya islam ke indonesia. Pendapat pertama menyatakan
bahwa islam masuk keindonesia pada sekitar abad ke-7 M. Adapun pendapat kedua,
menyatakan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke-13 M. Pembawa agama
islam ke indonesia adalah kaum pedangang, para sufi, dan para mubalig. Penerima
ajaran islam di indonesia terbagi menjadi dua golongan lapisan bawah (rakyat
biasa). Masuknya islam ke indonesia melalui jalur perdagangan, perkawinan,
pendidikan, tasawuf, dan kesenian. Kerajaan diindonesia yang pertama disinggahi
agama islam adalah kerajaan samudra pasai, karena saat itu pasai menjadi pusat
perdagangan yang banyak disinggahi para pedagang dari berbagai negara.
Faktor-fakto
yang menyebabkan agama islam dapat berkembang cepat di indonesia adalah:
a.
Syarat untuk masuk agama islam sangat mudah.
b.
Agama islam tidak mengenal kasta.
c.
Penyebaran agama islam dilakukan dengan damai.
d.
Sifat bangsa indonesia yang ramah tamah.
e.
Upacara-upacara keagamaan islam lebih sederhana.
16
BAAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada masa pembaharuan modern islam ini banyak
muncul tokoh-tokoh yang memberi konstribusi dalam bidang pengetahuan islam. Meskipun ada sebagian
pihak yang memanfaatkanya dengan menyebarkan agama baru sehingga banyak orang
yang imanya lemah berpaling dan meninggalkan islam. Banyaknya oknum yang
mengakubberagama islam memanfaatkan status dengan memecahkan belah persatuan
islam dengan melakukan hal yang dilarang oleh agama seperti kasus pemboman yang
membunuh banyak orang ketika sedang melakukan ibadah shalat jum’at di masjid.
Hal ini, sebenarnya untuk menghancurkan persatuan umat islam karena beberapa
orang beranggapan bahwa pelakukanya adalah oknum dari agama lain.
Seharusnya
ketika telah diadakanya pembaharuan dalam islam ini kita sebagai umat islam
seharusnya bisa mengambil manfaat dari perkembangan tersebut diadakan untuk
mengubah kebiasaan dan perilaku buruk dari manusia itu sendiri.
B. Saran
Kita sebagai
generasi muda islam penerus bangsa sebaliknya dapat menjadikan perkembangan
pembaharuan islam modern ini sebagai suatu acuan untuk mengisi hari-hari dalam
kehidupan ini dengan lebih baik. Dan untuk memotivasi diri sendiri agar tidak
tidak terjebak dengan sesuatu yang menyesatkan karena sekarang ini kita berada
di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan di berbagai bidang.
17
DAFTAR PUSTAKA
Http://hbis.
Wordpress.com/2008/12/16/perkembangan islam pada masa modern
Http;//sejarah.
Kompasiana.com/2010/10/09perkembangan islam masa modern 284074. Gtml
Http;//id.
Wikipedia.org/wiki/seni rupa islam
Prof.Dr.
H. I. NURUL Aen, MA.Sejarah peradaban islam, bandung: puistaka setia , 2008.
H.darsono.
T. Ibrahim. Tonggak islam kebudayaan islam, solo: tiga serngkai pustaka
mandiri,2008
18
Saya hanya memberi masukan tulisan kamu udah bagus tapi tolong sebelum di poskan di perhatikan lagi tentang penulisan huruf besar dan kecil serta kata-katanya masih ada yang kurang rapih aja mungkin sekian terimakasih.
BalasHapusUntuk artikel Islami lainnya silahkan anda berkunjung ke situs kami di http://yushanyunus.blogspot.com atau search google "komunitas al-gazali bone" dan selamat membaca artikel Islami kami
BalasHapusizin copas ya kak :)
BalasHapusijin share gan?
BalasHapusmohon maaf,izin copas untuk tugasku hehe :D
BalasHapusizin copas bro
BalasHapusizin copas ya kaka,untuk tugas agama islam kelas 11 sma
BalasHapusizin copas kak, terimakasih
BalasHapuskeren mas bro..
BalasHapus